//
SAP PROFESI KEGURUAN

 

1.      STKIP                                 :  Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan

2.      Program Studi                      : Matematika                                   Strata  : S-1

3.      Nama Mata Kuliah              : Profesi Keguruan                           Sks      : 4

4.      Dosen Pengampu                :  Imam Mustaqim, S.Pd.I.,M.Pd 

5.      Prasyarat                             : 

6.      Status Mata Kuliah              :  Wajib

7.      Deskripsi                             :  Mata kuliah ini menjelaskan tentang, Struktur dan Kurikulum, konsep profesi keguruan, Sikap profesional guru, Bimbingan dan konseling, Landasan Bimbingan dan konseling, Peran guru dalam bimbingan dan konseling, Administrasi pendidikan,

Peran guru dalam Administrasi pendidikan di SMA, Sistem dan struktur organisasi, serta Supervisi pendidikan.

8.      Kompetensi                        :  Agar mahasiswa dapat memahami Profesi Keguruan serta mampu menginterpretasikan fungsi dan kedudukan profesi keguruan secara komperehensif sehingga menjadi pedoman dan acuan dalam melaksanakan tugas sebagai calon pendidik yang profesional.

 

9.      Implementasi Proses Pembelajaran Mingguan :

 

NO

Pokok Bahasan / Materi Pembelajaran

Sub Pokok Bahasan

Sumber Kepustakaan

Keterangan

1

Perkenalan, menjelaskan silabus dan tata tertib perkuliahan

 

 

 

2

Struktur dan Kurikulum

 

  • Soetjipto, dan Raflis Kosasi. 2003. Profesi Keguruan. Edisi Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Amri, Sofan., Ahmad, I.K. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  • Danim, Sudarwan. 2010. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
  • Ornstein, Allan C., Levine, D.U. 1984. An Introduction to the Foundations of Education. Third Edition. Boston: Hought Mifflin Company.

 

 

3.

 

Konsep profesi keguruan

 

3.1 Pengertian dan syarat-syarat profesi

3.2 Kode etik profesi keguruan

3.3 Organisasi nasional keguruan

 

S.d.a

 

4.

Sikap profesional guru

4.1 Pengertian

4.2 Saran sikap profesional

4.3 Pengembangan sikap profesional

 

S.d.a

 

 

5.

Bimbingan dan konseling

 5.1 Pengertian bimbingan dan konseling

 5.2 Peranan bimbingan dan konseling dalam pendidikan disekolah

 5.3 Tujuan bimbingan di sekolah

 5.4 Peranan bimbingan dan konseling dalam pembelajaran siswa

 5.5 Landasan dan bimbingan konseling

 5.6 Prinsip-prinsip operasional  bimbingan dan konseling di sekolah

 5.7 Asas-asas bimbingan dan konseling

 5.8 Orientasi layanan bimbingan dan konseling

 5.9 Kode etik bimbingan dan konseling

S.d.a

 

6.

 

 

 

7.

Kuis

 

 

 

Landasan Bimbingan dan konseling

 

 

 

 

7.1 Landasan dan bimbingan konseling

7.2 Prinsip-prinsip operasional  bimbingan dan konseling di sekolah

7.3 Asas-asas bimbingan dan konseling

7.4 Orientasi layanan bimbingan dan konseling

7.5 Kode etik bimbingan dan konseling

 

 

 

 

 

S.d.a

 

 

 

 

 

8.

Peran guru dalam bimbingan dan konseling

8.1 Program bimbingan disekolah

8.2 Peranan guru dalam pelaksanaan bimbingan di sekolah

8.3 Kerja sama guru dengan konselor dalam layanan bimbingan

Peranan guru dalam administrasi pendidikan

S.d.a

 

9.

Diskusi kelompok

 

 

 

 

10.

 

 

 

Administrasi pendidikan

10.1 Pengertian dan konsep administrasi pendidikan

10.2 Fungsi administrasi pendidikan

10.3 Lingkup bidang garapan administrasi pendidikan menengah

10.4 Peranan guru dalam administrasi pendidikan

 

S.d.a

 

11.

UJIAN TENGAH SEMESTER

 

 

 

12.

Peran guru dalam Administrasi pendidikan di SMA

12.1 Administrasi kurikulum

12.2 Pengembangan kurikulum

12.3 Pelaksanaan kurikulum

12.4 Administrasi kesiswaan

12.5 Administrasi prasarana dan sarana

12.6 Administrasi personal

12.7 Administrasi  keuangan sekolah menengah

12.8 Administrasi hubungan sekolah dengan masyarakat

12.9 Administrasi layanan khusus

S.d.a

 

 

 

13.

Sistem dan struktur organisasi

13.1 unsur dalam struktur organisasi departemen pendidikan dan kebudayaan

13.2 Lembaga pendidikan tenaga kependidikan

 

S.d.a

 

14.

Supervisi pendidikan

14.1 Pengertian, fungsi, dan peran

14.2 Pelaksanaan supervisi

14.3 Teknik supervisi

 

S.d.a

 

 

15.

UJIAN AKHIR SEMESTER

 

 

 

 

 

 

10. Evaluasi                          :             1.         Quis

2.         Tugas Mandiri

3.         Tugas Kelompok

4.         UTS

5.         UAS

 

11. Daftar Buku Rujukan :

  • Soetjipto, dan Raflis Kosasi. 2003. Profesi Keguruan. Edisi Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Amri, Sofan., Ahmad, I.K. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  • Danim, Sudarwan. 2010. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
  • Ornstein, Allan C., Levine, D.U. 1984. An Introduction to the Foundations of Education. Third Edition. Boston: Hought Mifflin Company.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengunjung

Flag Counter

JAM

Desember 2016
S S R K J S M
« Okt    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d blogger menyukai ini: