//
SAP PERSPEKTIF PENDIDIKAN

SATUAN ACARA PERKULIAHAN
UT Di Lingkungan UPBJJ-UT Palembang
Nama Mata Kuliah : Perspektif Pendidikan
Dosen Pengampu : Imam Mustaqim, S.Pd.I.,M.Pd
Studi : S-I
Prasyarat : Wajib
SKS : 4 SKS
Waktu Perkuliahan : Semester Gasal

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dan implementasi perspektif pendidikan dari berbagai ilmu, Landasan Pendidikan Sekolah Dasar, Karakteristik Umum Pembelajaran di Sekolah , Perkembangan Pendidikan Dasar, PERKEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR, Karakteristik Perkembangan Anak Usia SD, PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR, STANDAR KUALIFIKASI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU, PERKEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH DASAR DI INDONESIA, PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN , Potret Pembelajaran di Sekolah Dasar, EVALUASI PROGRAM PEMBELAJRAN DI SEKOLAH DASAR, PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR.

Pengalaman Belajar :
1. Perkuahan tatap muka
2. Tugas kelompok
3. Tugas mandiri
4. Diskusi, presentasi
5. Ujian tengah semester
6. Ujian akhir semester

(Uraikan kegiatan belajar apa saja dalam perkuliahaan tersebut baik yang tatap muka, terstruktur maupun tugas-tugas mandiri lainnya yang semuanya itu memberikan pengalaman belajar bermakna bagi mahasiswa yang menempuh mata kuliah ini).
Uraian Pokok Bahasan Tiap Pertemuan Pertemuan Tujuan Perkuliahan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
1 Mahasiswa mampu menjelaskan Landasan Pendidikan Sekolah Dasar sebagai cara berpikir terhadap berbagai persoalan pendidikan. Landasan Pendidikan Sekolah Dasar
1. Pengertian LPSD
2. Jenis-jenis Landasan Pendidikan
3. UUD Pendidikan
4. Fungsi Landasan Pendidikan

 

2 Menjelaskan Karakteristik Umum Pembelajaran di Sekolah Dasar
Karakteristik Umum Pembelajaran di Sekolah Dasar
1. Karakteristik Pembelajaran Di Kelas Rendah
2. Karakteristik Pembelajaran Di Kelas Tinggi
3.
3 Menjelaskan Perkembangan Pendidikan Dasar
Karakteristik Perkembangan Anak Usia SD
1. Perkembangan Fisik Monotorik
2. Pengertian Intelektual
3. Perkembangan intelektual
4. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi perkembangan Intelektual.
5. PERKEMBANGAN BAHASA
4 Menjelaskan PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
1. Pengertian Belajar
2. Hakikat Belajar
3. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar
4. Karakteristik Proses Belajar di Sekolah Dasar

5 Menganalisis Kualifikasi Akademik Guru Kualifikasi Akademik Guru
1. Kualifikasi Akademik Guru Melalui Pendidikan Formal
2. Kualifikasi Akademik Guru Melalui Uji Kelayakan dan Kesetaraan

6 Menganalisis kurikulum sekolah dasar kurikulum sekolah dasar
1. Kurikulum SD Sebelum Tahun 1968
2. Kurikulum SD Tahun 1968
3. Kurikulum SD Tahun 1975
4. Kurikulum SD Tahun 1984
5. Kurikulum SD Tahun 1994
6. KURIKULUM SD TAHUN 2004 (KBK
7. KURIKULUM SD TAHUN 2006 (KTSP
7 Menganalisa PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN SD PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN SD
1. Pengertian Bahan Ajar
2. KARAKTERISTIK BAHAN PEMBELAJARAN SD
3. BENTUK BAHAN PEMBELAJARAN SD
8 Menganalisa Potret Pembelajaran di Sekolah Dasar
Potret Pembelajaran di Sekolah Dasar
1. Sarana –Prasarana dan Keterjangkauan Wilayah
2. Ketidakmerataan Jumlah Guru

9 Menganalisa EVALUASI PROGRAM PEMBELAJRAN DI SEKOLAH DASAR
EVALUASI PROGRAM PEMBELAJRAN DI SEKOLAH DASAR
1. Lingkungan sekolah menunjang terjadinya pembelajaran
2. Rencana pembelajaran yang dibuat guru dapat dilaksanakan.
Siswa terlibat secara aktif dalam pembelajara.
3. Guru menunjukkan semangat dalam pembelajaran.
4. Penilaian proses pembelajaran dilakukan secara sistematis.
5. Hasil belajar siswa memenuhi harapan guru.
10. Menjelaskan Sumber Daya Pendidikan
Sumber Daya Pendidikan
1. Educator ( pendidik )
2. Leader ( pemimpin )
3. Fasilitator

11. Menganalisa Perkembangan Sosioemosional Perkembangan Sosioemosional
1. Pengertian Perkembangan Sosioemosional
2. Karakteristik Perkembangan Sosioemosional Anak usia Sekolah Dasar (6-12) Tahun
3. Perkembangan Emosi Siswa Sekolah Dasar

11. Menganalisa Hakikat belajar dan karakteristik pembelajaran di SD
Hakikat belajar dan karakteristik pembelajaran di SD
1. Hakekat Belajar
2. Karakteristik pembelajaran di SD
Evaluasi Hasil Belajar :
1. Tugas dan makalah 10%
2. Diskusi dan presentasi 20%
3. Ujian tengah semester 20%
4. Ujian akhir semester 30%
5. Sikap dan perilaku 20%
————– 100%

Daftar Literatur/Referensi
1. Astrid S. Susanto Sunario. 1993 pengantar pendidikan. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan.
2. Nursid Sumaatmadja. Kuswaya Wihardit. 1999. Perspektif Pendidikan. UT
3. Umi Oktyari R. (1998). Perspektif Global. Jakarta: Departemen P&K Dirjen Dikti

Literatur tambahan
1. A.M.W. Pranarka. 1996 S ~a 58SI. Pemberdayaan dan Demokratisasi. Jakarta Centre for Stratgic And International Studies. Hal 261 – 267.
2. Budi Winarno. 2004. Globalisasi Wujud Imperialisme Baru. Yogyakarta. Tajidu Press.
3. Khor, Martin. 2003. Globalisasi Perangkap Negara-negara Selatan. Yogyakarta. Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas.
4. Koentjaraningrat. (2003). Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta.
5. Mukminan dkk. (2002). Dasar-dasar IPS. Yogyakarta: FIS UNY.
Dosen Pengampu
Palembang , 17 April 2014
IMAM MUSTAQIM, S.Pd.I.,M.Pd
NIP. 197501022005011012

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengunjung

Flag Counter

JAM

Desember 2016
S S R K J S M
« Okt    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d blogger menyukai ini: