//
SAP Perkembangan Peserta Didik

 

SAP (Satuan Acara Perkuliahan)

 

1.      STKIP                                :  Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan

2.      Program Studi                    : Bahasa Indonesia                           Strata   : S-1

3.      Nama Mata Kuliah             : Perkembangan Peserta Didik         Sks      : 2

4.      Dosen Pengampu                :  Imam Mustaqim, S.Pd.I.,M.Pd

5.      Prasyarat                             :

6.      Status Mata Kuliah             :  Wajib

Tujuan: Memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada maha

                       siswa tentang faktor-faktor yang mempengaruhi siswa da-

                       lam aktivitas belajar dan proses belajar; kondisi-kondisi

                       yang terkait dengan efektifitas belajar serta masalah-masa

                       lah yang terjadi didalamnya.

 

MINGGU

POKOK BAHASAN

SKS

METODE

I,II

 

 

 

III,IV

 

 

 

V,VI

 

 

 

VII,VIII

 

 

 

IX

X

XI,XII

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

XIV,XV

 

 

 

 

XVI

 

 

Hakikat pertumbuhan dan perkembangan peserta didik :

1.Definisi Pertumbuhan& Perkembangan

2.Faktor-faktor dasar pertumbuhan dan per

   kembangan peserta didik.

3.Fase-fase perkembangan

 

Hakikat pertumbuhan dan perkembangan peserta didik(2) :

1.Pola-Pola Perkembangan Afektif Manu-

   sia.

2.Pola-pola perkembangan Kognitif

   Manusia.

3.Tugas-Tugas Perkembangan :

   1.Masa Anak-anak

   2.Masa Remaja

   3.Masa Dewasa Awal

   4.Masa Dewasa Akhir

   5.Masa Orang Tua

Karakter Peserta Didik :

1.Individu sebagai peserta didik

2.Karakteristik Individu sbg peserta didik

3.Pertumbuhan&Perkembangan peserta di

   dik

4.Perbedaan Perkembangan Peserta didik

UJIAN TENGAH SEMESTER

 

 

Membahas UTS

ImplikasiPertumbuhan&Perkembangan Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan:

1.Pertumbuhan Fisik Peserta Didik Rema-

   ja.

2.Perkembangan Intelek Peserta Didik

   Remaja.

3.Perkembangan Bakat Khusus Peserta Di

   dik Remaja.

4. Perkembangan Hub.Sos. Peserta Di

   dik Remaja.

5.Perkembangan Bahasa Peserta Didik

   Remaja/usia sekolah menengah.

6.Perkembangan Emosi Peserta Didik

   Remaja.

7.Perkembangan Nilai,Moral&Sikap Pe-

   serta didik Remaja.

8.Implikasi Pemenuhan Kebutuhan Rema-

   ja terhadap penyelenggaraan Pendidikan.

Konsep Penyesuaian Diri Peserta Didik Usia Sekolah Menengah/Remaja:

1.Pengertian &Karakteristik Penyesuaian

   Diri.

2.Proses &Aspek-Aspek Penyesuaian Diri

3.Implikasi Penyesuaian Diri Peserta Di-

   dik.

UJIAN AKHIR SEMESTER

 

 

 

Internsive,Ceramah;Diskusi

Internsive,Ceramah;Diskusi

Internsive, Tugas dan Diskusi

Internsive,Ceramah;

Tugasmandiri;

Diskusi

Internsive,Ceramah;Diskusi;

Tugas Mandiri

Internsive,Ceramah;Diskusi;

Tugas Mandiri

Bagi mhsw yang hadir min 80 %

 

DATAR Rujukan:

  1. Fatimah,Dra. Enung. 2006. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung : CV.Pustaka Setia.
  2. Ali, Mohammad dan Mohammad Ashrori. 2006. Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik). Bumi Aksara.
  3. Mappiare, Drs.Andi. 1982. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

 

 

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengunjung

Flag Counter

JAM

Desember 2016
S S R K J S M
« Okt    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d blogger menyukai ini: