//
SAP Pengantar Pdd

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP)

MUHAMMADIYAH PAGARALAM 2014-2015

JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

 1.      Perguruan                            :  Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan

2.      Program Studi                      : Bahasa Indonesia               Strata  : S-1

3.      Nama Mata Kuliah              : Pengantar pendidikan        Sks      : 3

4.      Kode Mata Kuliah               : 

5.      Prasyarat                             : 

6.      Status Mata Kuliah              :  Wajib

7.      Deskripsi                             : 

Mata kuliah ini menjelaskan tentang hakikat manusia dan pengembangannya, pengertian dan unsur-unsur pendidikan,   landasan dan asas-asas pendidikan serta penerapannya, perkiraan dan antisipasi terhadap masyarakat masa depan, pengertian, fungsi dan jenis lingkungan pendidikan, aliran-aliran pendidikan, permasalahan pendidikan, dan  sistem pendidikan nasional

8.      Kompetensi                        :

Agar mahasiswa dapat memahami hakikat manusia dan pengembangannya, pengertian dan unsur-unsur pendidikan,    landasan dan asas-asas pendidikan serta penerapannya, perkiraan dan antisipasi terhadap masyarakat masa depan, pengertian, fungsi dan jenis lingkungan pendidikan, aliran-aliran pendidikan, permasalahan pendidikan, dan  sistem pendidikan nasional.

 

9.      Tujuan perkuliahan

Perkuliahan ini diharapkan dapat membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan kemampuan awal dalam ilmu pendidikan. Oleh karena itu pada level substansi (content) materi, mahasiswa diharapkan: (1) memahami hakikat pendidikan sebagai sebuah konsep teoretis dan praksis transformatif; (2) memahami hakikat filosofis-ideologis subjek/objek pendidikan (manusia); (3) memahami dan menguasai konsep dasar dari fondasi historis, sosiologi, psikologi dan filosofi-ideologi pendidikan; dan (4) memahami dan menguasai konsep dasar kurikulum, manajemen pendidikan dan kebijakan dan politik pendidikan.

Pada ranah/dimensi kemampuan yang diolah, diharapkan mahasiswa dapat mempertajam daya kritisnya dalam melihat gagasan dan praksis pendidikan di Indonesia kemudian, juga menjadi kritis dalam memahami bagaimana gagasan dan praksis pendidikan sekarang banyak dikendalikan oleh kepentingan-kepentingan politik praktis dan pasar bebas, kemudian terasah sensitivitas sosial, empati dan nalar keberpihakannya pada kelompok-kelompok masyarakat yang terpinggirkan dalam praksis pendidikan di Indonesia.

 

10.  Substansi perkuliahan

Substansi atau content pengetahuan yang dibahas dalam perkuliahan ini terdiri dari beberapa bagian yang mengacu pada tujuan perkuliahan sebagaimana dikemukakan di depan. Secara singkat dapat dilihat pada jadwal per pertemuan kuliah dan lebih lengkapnya berupa ringkasan materi dapat dilihat pada lampiran 1.

11.  Jadwal perkuliahan

Jadwal perkuliahan ini disusun untuk dilaksanakan maksimal sebanyak 16 (enam belas) kali pertemuan perkuliahan, dengan acuan sebagai berikut.

 

12.  Implementasi Proses Pembelajaran Mingguan :

 

POKOK BAHASAN dan SUB POKOK BAHASAN

PERTEMUAN HARI/TGL PERKULIAHAN

 

 

NO

Pokok Bahasan / Materi Pembelajaran

Sub Pokok Bahasan

Sumber Kepustakaan

Ket.

1

Perkenalan, menjelaskan silabus dan tata tertib perkuliahan

 

 

 

2

Hakikat manusia dan pengembangannya

2.1.Sifat hakikat manusia

2.2.Dimensi- Dimensi Hakikat Manusia serta Potensi, Keunikan,dan Dinamikanya

2.3.Pengembangan dimensi hakikat manusia

2.4.Sosok manusia Indonesia seutuhnya

Tirtarahardja,Umar dan S. L. La Sulo.2005.Pengantar Pendidikan.Jakarta:Rineka Cipta.

 

 

3.

 

Pengertian dan unsur-unsur pendidikan

 

3.1.Pengertian pendidikan

3.2.Unsur-unsur ppd

3.3.Pendidikan sebagai sistem

 

S.d.a

 

4.

Landasan dan asas-asas pendidikan serta penerapannya

4.1.Landasan pendidikan

4.2.Asas-asas pokok pendidikan

 

S.d.a

 

 

5.

Perkiraan dan antisipasi terhadap masyarakat masa depan

5.1.     Perkiraan masyarakat masa depan

5.2.     Upaya pendidikan dalam mengantisipasi masa depan

5.3.  Pengembangan sarana pendidikan

S.d.a

 

6.

 

 

7.

 

Kuis

 

 

Pengertian, fungsi, dan jenis lingkungan pendidikan

 

 

 

7.1.Pengertian dan fungsi lingkungan pendidikan

7.2.Tripusat pendidikan

7.3.Pengaruh timbal balik antara tripusat pendidikan terhadap pengembangan peserta didik

 

 

 

 

S.d.a

 

 

 

 

 

8.

Aliran-aliran pendidikan

8.1.    Aliran klasik dan gerakan baru dalam pendidikan

8.2.    Dua aliran pokok pendidikan di indonesia

 

S.d.a

 

9.

Diskusi kelompok

 

 

 

 

10.

 

 

 

Permasalahan pendidikan

10.1.      Permasalahan pokok pendidikan dan penanggulangannya

10.2.      Jenis permasalahan pokok pendidikan

10.3.      Faktor-faktor yang mempengaruhi berkembangnya masalah pendidikan

10.4.      Permasalahan aktual pendidikan di indonesia

 

S.d.a

 

11.

MID SEMESTER

 

 

 

12.

Sistem pendidikan nasional

12.1.      Kelembagaan, program, dan pengelolaan pendidikan

12.2.      Upaya pembangunan pendidikan nasional

S.d.a

 

 

 

13.

 

 

 

 

 

 

 

14.

 

15.

Pendidikan dan pembangunan

 

 

 

 

 

 

Diskusi kelompok

 

Ujian Akhir Semester

13.1.Esesiensi pendidikandan pembangunan serta titik temunya

13.2.Sumbangan pendidikan pada pembangunan

13.3.Wujud pembangunan sistem pendidikan

 

S.d.a

 

13. Evaluasi                          :             1.         Quis

2.         Tugas Mandiri

3.         Tugas Kelompok

4.         UTS

5.         UAS

14. Daftar Buku Rujukan :

  • Tirtarahardja,Umar dan S. L. La Sulo.2005.Pengantar Pendidikan.Jakarta:Rineka Cipta.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengunjung

Flag Counter

JAM

Desember 2016
S S R K J S M
« Okt    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d blogger menyukai ini: