//
SAP KEWARGANEGARAAN

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
KOTA PAGARALAM

S I L A B U S

Jurusan/Program Studi : Bahasa Indonesia
Mata Kuliah : Pendidikan Kewarganegaraan
Kode : –
SKS : 2
Semester : 1
Mata Kuliah Prasyarat : –
Dosen : IMAM MUSTAQIM, S.Pd.I.,M.Pd

I. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan ( Kewiraan ) bersifat wajib lulus
bagi seluruh mahasiswa program S1 dan D3, berbobot 2 SKS. Mata kuliah ini
membekali peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dasar
berkenaan dengan hubungan antara warga negara dengan negara, serta
pendidikan pendahuluan bela negara agar menjadi waga negara yang dapat
diandalkan oleh bangsa dan negaranya. Mata kuliah ini mengkaji : (1) Hak
dan kewajiban warga negara (2) Pendidikan pendahuluan bela negara (3)
Demokrasi Indonesia (4) Hak Asasi Manusia (5) wawasan Nusantara (6)
Ketahanan Nasional (7) Politik dan Strategi nasional

II. Standar Kompetensi
1. Memiliki pengetahuan tentang pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan
bagi mahasiswa
2. Memiliki sikap dan prilaku sesuai dengan HAM
3. Memiliki kesadaran hak dan kewajiban sebagai WNI
4. Memiliki kesadaran bela negara
5. Memiliki kesadaran berdemokrasi
6. Memiliki gambaran tentang wawasan nasional Indonesia
7. Memiliki motivasi untuk berpartisispasi dalam mewujudkan ketahanan
Indonesia
8. Memiliki motivasi untuk berpartisipasi dalam mewujudkan Poltranas

III. Sumber Bahan
A. Wajib
Sunarso, dkk. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mahasiswa. UNY.
2003.
B. Anjuran
UU. No. 17 2003 tentang Politik
UU. No. 12 2003 tentang Pemilu
UU No. 1. 1988 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok HANKAMNEG
UU No. 22. 1999 tentang Pemerintahan Daerah
UU No. 39. 1999 tentang HAM
Silabus Pendidikan Kewarganegaraan-Sem.1
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
KOTA PAGARALAM
Perte
muan
ke Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Sumber
Bahan
1 Mendeskripsikan
tujuan PKn Latar belakang
PKn 1. Ceramah
2. Tanya Jawab Wajib:
hal. 1
2 – 3 1. Mendiskripsikan
Konsep-konsep
HAM
2. Mengidentifikasikan
Pelanggaran HAM
di Indonesia
3. Peka terhadap
pelanggaran HAM
(Hak Anak
&Wanita)
4. Mengevaluasi
penyelesaian
berbagai
pelanggaran HAM
di Indonesia 1. PengertianHAM
a. Prinsip
b. Landasan
c. Bentuk
penindasan
2.Sejarah
perkembangan
HAM
3. Perkembangan
HAM
4. HAM dalam
UUD1945
5. HAM dalam
bela negara ps
30 UUD 45
tentang perta-
hanan negara
6. Permasalahan
HAM di
Indonesia 1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab Wajib:
hal.18-25
4 1.Memiliki kesadaran
berbangsa dan
bernegara.
2.Menganalisis
pelaksanaan
kewajiban warga
negara pada diri
sendiri
3.Merumuskan
berbagai hak dan
kewajiban sebagai
warga negara 1. Hak dan
kewajiban
warga negara
2. Hubungan
warga negera
dengan negara
3. 3. Hak dan
kewajiban
warga negara 1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab Wajib :
hal 2-9
Wajib:
hal.9-10
5 1.Mengidentifikasi
landasan yuridis
bela negara
2.Mendiskripsikan
konsepsi bela
negara
3.Melaksanakan bela
negara dalam
kehidupan sehari-
hari 1. Landasan
yuridis bela
negara
2. Konsepsi bela
negera
3. Hak dan
kewajiban
warga negara 1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab Wajib: hal.
10-12
6 – 7 1. Mendiskripsikan 1. Konsep- 1. Ceramah Wajib: hal.
IV. Skema Pembelajaran
konsep-konsep
demokrasi
2. Menerapkan nilai-
nilai demokrasi di
lingkungan
keluarga,masyarak
at
3. Mengevaluasi
kondisis demokrasi
NKRI saat ini
4. Mengidentifikasi
pilar-pilar
domokrasi
Indonesia konsep
demokrasi
2. Melaksanakan
demokrasi
dalam
kehidupan
sehari-hari
3. Pemahaman
tentang pilar-
pilar
demokrasi 2. Diskusi
3. Tanya jawab 13-17
8 Ujian Tengah Semester
9 -11 1. Menganalisis dasar
pemikiran
Wawasan
Nusantara
2. Mendiskripsikan
konsep Wawasan
Nusantara
3. Mengimplimentasik
an Wawasan
Nusantara dalam
kehidupan
berbangsa dan
bernegara
4. Peka terhadap
Keutuhan NKRI 1. Dasar
pemikiran
Wawasan
Nusantara
2. Konsep
Wawasan
Nusantara
3. Penerapan
Wawasan
Nusantara
dalam
kehidupan
sehari-hari 1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab Wajib:
hal.27-41
12 – 13 1. Mendiskripsikan
konsep-konsep
Tannas
2. Menganalisis
permasalahan
dalam Astagatra
3. Mengidentifikasi
tingkat Tannas di
Indonesia
4. Mengevaluasi
kondisisi Tannas
Indonesia saat ini. 1. Pemahaman
tentang konsep
Ketahanan
Nasional
2. Pemahaman
tentang aspek-
aspek
Ketahanan
Nasional
3. Kondisi tannas 1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab Wajib:
hal. 43-
59
14 – 15 1. Mendiskripsikan
konsep Polstranas
2. Menganalisis
pelaksanaan
Polstranas saat ini
3. Mengimplementasik
an Polstranas
dalam
pembangunan 1. Pemahaman
tentang Politik
Nasional dan
Strategi
Nasional
2. Pelaksanaan
Polstranas di
berbagai
bidang
kehidupan 1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab Wajib:
hal. 60-77
16 Ujian Semester

V. Penilaian
No. Komponen Evaluasi Bobot (%)
1 Kehadiran 5 %
2 Tugas dan makalah 30 %
3 Ujian Mid Semester 30 %
4 Ujian akhir semester 35 %

Jumlah 100
Pagaralam, September 2015
Dosen Pengampu

IMAM MUSTAQIM, S.Pd.I.,M.Pd
NIY. 0239910418
Mengetahui,
Ketua Prodi Pendidikan Dan Sastra Indonesia
TUSINAH, M.Pd

Komentar ditutup.

Pengunjung

Flag Counter

JAM

Desember 2016
S S R K J S M
« Okt    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d blogger menyukai ini: