//
TUGAS PROFESI

Attention :
1. Kerjakan Tugas ini dengan benar,
2. dikumpulkan 2 minggu setelah tugas ini diberikan dan tidak diperkenankan mengumpul tugas dalam bentuk foto copy.
3. Buat dengan rapi dan dijilid kafer STKIP dan kerjakan sesuai perintah.

1. Apakah pengertian profesi?
2. Kompetensi guru memiliki tiga kriteria menurut Conny R. Semiawan. Jelaskan !
3. Jelaskan arti seorang guru?
4. Sebutkan syarat-syarat profesi keguruan menurut National Education Association minimal tiga!
5. Sebutkan dua jenis pendidikan untuk mengembangkan profesi guru!
6. Sebutkan ranah profesi kependidikan?
7. Apakah yang dimaksud tenaga kependidikan?
8. Apakah yang dimaksud dengan pendidik?
9. Apa hubungan antara guru dengan tenaga kependidikan profesional?
10. Apakah unsur terpenting dalam profesi guru?
11. Apa yang dimaksud dengan pengembangan profesi?
12. Sebutkan empat ranah untuk mewujudkan guru yang profesional?
13. Apa yang dimaksud Program Induksi Guru Pemula Berbasis Sekolah/Madrasah?
14. Siapa sajakah peserta program induksi?
15. Mengapa perlu dilakukan penilaian kinerja guru?
16. Tuliskan peran guru menurut Mujtahid?
17. Sebutkan daftar lengkap ”jenjang pangkat” dan ”jenjang jabatan” menurut golongan ruang guru!
18. Peran apa yang harus dimainkan guru di masa sekarang?
19. Tuliskan minimal tiga strategi yang bisa digunakan oleh guru untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa.?
20. Sebutkan tugas guru kelas?
21. Apa yang dimaksud administrasi pendidikan?
22. Apa yang membedakan antara administrasi pendidikan dan manajemen pendidikan?
23. Tuliskan secara umum fungsi substansial administrasi pendidikan bidang garapan!
24. Sebutkan tiga bidang administrasi pendidikan menurut Thomas J. Sergiovani!
25. Tuliskan administrasi pendidikan dilihat dari sudut pandang pendekatan tugas!
26. Apa yang dimaksud manajemen kurikulum dan program pengajaran?
27. Sebutkan ranah manajemen tenaga kependidikan!
28. Apa yang dimaksud manajemen kesiswaan?
29. Sebutkan komponen utama dalam manajemen keuangan!
30. Apa yang dimaksud sarana pendidikan?
31. Apa yang dimaksud supervisi?
32. Tuliskan tujuan utama supervisi!
33. Sebutkan fungsi supervisi!
34. Sebutkan empat peran supervisor menurut Olivia!
35. Sebutkan tugas utama pengawas sekolah!
36. Apa yang dimaksud supervisi klinis?
37. Sebutkan ciri-ciri supervisi klinis!
38. Tuliskan fungsi utama supervisor!
39. Sebutkan tujuan supervisi klinis!
40. Apa konsepsi dasar supervisi klinis model pengembangan?
41. Jelaskan yang dimaksud bimbingan dan konseling?
42. Sebutkan minimal tiga prinsip bimbingan dan konseling!
43. Tuliskan maksimal empat asas bimbingan dan konseling!
44. Tuliskan rumusan kode etik bimbingan dan konseling menurut Bimo Walgito!
45. Tuliskan ranah organisasi layanan bimbingan dan konseling!
46. Tuliskan komponen KTSP!
47. Apa saja yang harus dilakukan dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran?
48. Apa saja prinsip-prinsip yang harus diperhatikan untuk memeroleh silabus yang baik?
49. Sebutkan langkah-langkah pengembangan silabus!
50. Tuliskan tim penyusun kurikulum tingkat satuan pendidikan khusus (SDLB,SMPLB, dan SMALB)!
catatan :
1. Untuk soal no 1 s/d 5 kirim via E-Mail ke imustaqim60@yahoo.com
2. Untuk soal no 6 s/d 50 ketik rapi kertas ukuran kertas legal. jilid rapi tanpa foto kopi.
3. hasil foto kopi dianggab tidak membuat
4. waktu 2 minggu dari tgl 9 s/d 25 Juni 2016

Komentar ditutup.

Pengunjung

Flag Counter

JAM

Desember 2016
S S R K J S M
« Okt    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d blogger menyukai ini: