//
TUGAS AKHIR PENGANTAR Pdd

TUGAS AKHIR PENGANTAR PENDIDIKAN
1. Berikan secara detail syarat ilmu pengetahuan!
2. Pada dasarnya pembangunan di bidang Pendidikan menginginkan pemerataan pendidikan yang bermutu. Dalam sejarah belum ada suatu negara yang sejak berdirinya mampu melaksanakan hal tersebut. Ada dua faktor sebagai penyebabnya. Kemukakan dengan jelas!
3. Kemukakan aliran-alairan klasik yang merupakan benang-benang merah menghubungkan pemikiran-pemikiran pendidkkan masa lalu, saat ini dan yang akan datang. Jelaskan masing-masing secara lengkap!
4. Pandangan modern cenderung menyebut bahwa peserta didik adalah subjek yang otonom yang ingin diakui keberadaannya. Kemukakan ciri khas peserta didik yang perlu dipahami oleh pendidik. Kemukakan dan jelaskan masing-masing!
5. Sistem pendidikan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sosial budaya dan masyarakat sebagai suprasistem. Kemukakan empat masalah pokok pendidikan yang telah menjadi kesepakatan nasional yang perlu diprioritaskan penanggulangannya!
6. Asas pendidikan merupakan sesuatu kebenaran yang menjadi dasaratau tumpuan berfikir, baik pada tahap perancangan maupun pelaksanaan pendidikan. Kemukakan 3 pokok asas-asas pendidikan! Jelaskan masing-masing!
7. Kemukakan dan jelaskan masing-masing Komponen-komponen pendidikan!
8. Fungsi masyarakat sebagai pusat pendidikan sangat tergantung pada taraf perkembangan dari masyarakat itu beserta sumber-sumber belajar yang tersedia didalamnya. Kemukakan 6 wujud sosial kebudayaan dalam masyarakat indonesia.
9. Apa yang anda ketahui tentang, Esensialisme, Perenialisme, Pragmatisme, Progresivisme dan rekonstruksionisme. Jelaskan masing-masing secara lengkap!
10. Gelombang globalisasi sedang menerpa seluruh aspek penghidupan manusia,menyusup kedalam seluruh unsur kebudayaan dengan dampak yang berbeda-beda. Terdapat empat bidang kekuatan globalisasi yang paling kuat menerpa kehidupan manusia. Kemukakan dan jelaskan masing-masing!
11. Keberadaan kelompok akan memungkinkan para guru untuk bisa tukar fikiran dengan rekan sejawat mengenai hal ikhwal yang berkaitan interaksi guru dengan para siswa. Bagi seorang pekerja profesional, termasuk guru, komunikasi kesejawatan tentang profesi yang ditekuni sangatlah penting. Kelompok yang dibentuk merupakan wadah kegiatan di mana antara anggota sejawat bisa saling asah, asuh dan asih untuk meningkatkan kualitas diri masing-masing khususnya dan mencapai kualitas sekolah serta pendidikan pada urnumnya. Jelaskan secara rinci kata yang digaris bawahi!
12. Tinjauan filosofis tentang sesuatu, termasuk pendidikan, berarti berfikir bebas serta merentangpikiran sampai sejauh-jauhnya tentang sesuatu. Aspek filsafat sesungguhnya merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan kinerja dan mutu pendidikan di suatu negara, meskipun bukan satu-satunya determinan. .dari pandangan diatas, berikan penjelasan Filsafat Ilmu dan Aplikasinya dalam Pendidikan!
13. Pendidikan, seperti sifat sasrannya yaitu manusia, mengandung banyak aspek dan sifatnya sangat kompleks. Karena sifatnya yang kompleks itu, maka tidak sebuah batasan pun yang cukup memadai untuk menjelaskan arti pendidikan secara lengkap. Kemukakan batasan tentang pendidikan berdasarkan fungsinya! Jelaskan dengan lengkap!
14. Pendidikan sepanjang hayat bukan pendidikan yang brtstruktur, melainkan suatu prinsif yang menjadi dasar yang menjiwai seluruh organisasi sistem pendidikan. Mengapa pendidikan sepanjang hayat diperlukan? Kemukakan secara rinci!
15. Gelombang globalisasi sedang menerpa seluruh aspek penghidupan manusia,menyusup kedalam seluruh unsur kebudayaan dengan dampak yang berbeda-beda. Terdapat empat bidang kekuatan globalisasi yang paling kuat menerpa kehidupan manusia. Kemukakan dan jelaskan masing-masing!
16. Pemikiran-pemikiran tentang pendidikan yang telah dimulai sejak zaman Yunani kuno, banyak pengaruhnya terhadap pemikiiran pendidikan di Indonesia. Kemukakan paham tersebut, dalam kajian khusus aliran pendidikan! Jelaskan.
17. Provesi sebagai suatu vokasi yang memerlukan teknik dan prosedur kerja yang harus dipelajari dengan sengaja dan dalam jangka waktu tertentu. Kemukakan enam tahap dalam proses profesionalisasi. Jelaskan!

Komentar ditutup.

Pengunjung

Flag Counter

JAM

Desember 2016
S S R K J S M
« Okt    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d blogger menyukai ini: