//
you're reading...
Uncategorized

PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR

aku9Oleh : Imam Mustaqim, S.Pd.I.,M.Pd

Proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru harus selalu di perbaiki. Agar hasil yang ingin di capai menjadi lebih baik. Salah satu upaya dalam meningkatkan proses dan hasil belajar dalam meningkatkan kualitas pendidikan dapat dilakukan melalui sistem penilaian dalam penilaian proses dan hasil belajar siswa di Sekolah.
Aspek-aspek yang berkenaan dengan pemilihan, penyusunan soal, pengolahan dan interpretasi data hasil penilaian, analisis butir soal untuk memperoleh kualitas soal yang memadai, serta pemanfaatan data hasil penilaian sangat berpengaruh terhadap kualitas lulusan.
A. Pengertian Penilaian Proses Belajar-Mengajar

Penilaian proses pebelajaran adalah upaya memberi nilai terhadap kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh siswa dan guru dalam mencapai tujuan-tujuan pengajaran.
Kompetensi yang harus dimiliki setiap calon guru salah satunya adalah kemampuan melaksanakan program pengajaran yang merupakan salah satu kriteria keberhasilan pendidikan prajabatan guru, maka perlu ada semacam instrumen penilaian yang dapat mengngkapkan aspek aspek keterampilan yang sifatnya dasar dan umum. Bersifat dasar artinya keterampilan itu merupakan prasyarat bagi peaksanaan tugas –tugas mengajar dan mendidik secara efektif, sedangkan bersifat umum menunjukan kenyataan bahwa aspek-aspek keterampilan tersebut relatif paling sering dipersyaratkan terlepas dari jenjang kelas, murid, dan jeni bidang pengajaran yang sedang disajikan dalam kegiatan belajar –mengajar.
Untuk memenuhi harapan tersebut di atas yang dapat mengetahui dan mengungkapka kemampuan dalam mengajar sebagai salah satu aspek kelayakan kemampuan guru, dapat dipergunakan instrumen penilaian kemampuan mengajar yang terdiri dari :
1. Lembar penilaian keterampilan menyusun rencana pengajaran atau satuan pelajaran (IPKM-1)
2. Lembar penilaian keterampilan melaksanakan prosedur mengajar atau pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas (IPKM-2)
3. Lembar penilaian keterampilan melaksanakan hubungan hubungan antar pribadi (IPKM-3)
Format penilaian kemampuan mengajar tersebut menggunakan rentangan nilai 1 sampai 5 yang berarti:
1) Nilai 5 = baik sekali
2) Nilai 4 = baik
3) Nilai 3 = cukup
4) Nilai 2 = kurang
5) Nilai 1 = kurang sekali

B. Penilaian Kemampuan Mengajar
Untuk mengetahui kemampuan kita dalam mengajar, cobalah sekali-kali meminta bantuan teman sejawat untuk menilainya denga menggunakan format ini.
1. Format IPKM-1
LEMBAR PENILAIAN
KETERAMPILAN MENYUSUN RENCANA PENGAJARAN
Nama Calon/guru :……………………………………………………………………
Pokok Bahasan : ……………………………………………………………………
Kelas : ……………………………………………………………………
A. MERENCANAKAN PENGELOLAAN KEGIATAN BELAJAR-MENGAJAR
1. Merumuskan TPK 1 2 3 4 5
2. Menentukan Metode 1 2 3 4 5
3. Menentukan langkah-langkah
mengajar 1 2 3 4 5
4. Menentukan cara-cara
memotivasi Murid 1 2 3 4 5 Rata-rata:
B. MERENCANAKAN PENGORGANISASIAN BAHAN PENGJARAN
1. Berpedoman pada bahan
Pengajaran yang tercantum
Dalam kurikulum 1 2 3 4 5
2. Meilih dengan tepat bahan
Sesuai dengan karakteristik
Murid 1 2 3 4 5
3. Menyusun bahan pengajaran
Sesuai dengan taraf kemampuan
Berpikir murid 1 2 3 4 5 Rata-rata:
C. MERENCANAKAN PENGELOLAAN KELAS
1. Menentukan dengan tepat
Macam pengaturan ruangan
Kelas sesuai denhan tujuan
Instruksional 1 2 3 4 5
2. Menentukan alokasi penggu-
naan waktu belajar-mengajar 1 2 3 4 5
3. Menentukan cara pengorgani-
sasian murid agar terlibat secara
efektif dalam KBM 1 2 3 4 5 Rata-rata:
D. MERENCANAKAN PENGGUNAAN LAT DAN METODE PENGAJARAN
1. Menentukan pengembangan
Alat pengajaran 1 2 3 4 5
2. Menentuan media pengajaran 1 2 3 4 5
3. Menentukan sumber pengajaran 1 2 3 4 5 Rata-rata:
E. MERENCANAKAN PENILAIAN PRESTASI MURID UNTUK KEPENTINGAN PENGAJARAN
1. Menentukan bermacam-macam
Bentuk dan prosedur penilaian 1 2 3 4 5
2. Membuat alat penilaian hasil
Belajar 1 2 3 4 5 Rata-rata:
Rata-rata keseluruhan:…………………….
Hal-hal yang perlu diperlukan
1. Butir-butir yang kuat: ……………………………………………………
2. Butir-butir yang lemah: ……………………………………………………
3. Komentar dan saran: ………………………………………………………

Penilai,

…………………
2. Penjelasan Skala Nilai IPKM-1:
Keterampilan Menyusun Rencana Pengajaran

Untuk memberikan nilai yang tepat bagi setiap butir dapat dipergunakan pedoman penjelasan skala nilai yang tercantum di bawah ini.

a. Merencanakan Pengelolaan Kegiatan Belajar-Mengajar
1) Merumuskan TPK
Untuk butir ini perlu diperhatikan 5 syarat, yaitu:
a) Kesesuian TPK dengan TPU,
b) Kelengkapan jumlah TPK,
c) Kejelasan rumusan (tidak menimbulkan tafsiran ganda),
d) Kelengkapan rumusan TPK (subjek, tingkah laku yang dapat diukur, kondisi pencapaian, dan criteria pencapaian), dan
e) Urutan TPK dari yang mudah kepada yang sukar.

Skala nilai Penjelasan

1
2
3
4
5 Dalam seluruh rumusan TPK:
Hanya satu syarat yang dipenuhi
Dua syarat dipenuhi
Tiga syarat dipenuhi
Empat syarat dipenuhi
Lima syarat dipenuhi

2) Menentukan metode pengajaran
Skala Nilai Penjelasan

1.
2.

3.

4.

5. Dalam rencana pengajaran (satuan pelajaran) :
Tidak tercantum metode pengajaran.
Tercantum metode pengajaran, tetapi tidak relevan dengan TPK dan bahan.
Tercantum satu metode mengajar yang relevan dengan TPK dan bahan.
Tercantum dua metode mengajar yang relevan dengan TPK dan bahan.
Tercantum lebih dari dua metode mengajar yang relevan dengan TPK dan bahan.

3) Menentukan langkah-langkah mengajar

Skala Nilai Penjelasan

1.
2.
3.

4.

5. Dalam rencana pengajaran (satuan pelajaran) :
Tidak terdapat langkah-langkah mengajar.
Terdapat langkah-langkah mengajar secara umum.
Terdapat langkah mengajar secara rinci, sebagian besar sesuai dengan TPK.
Terdapat langkah mengajar secara rinci, semuanya sesuai dengan TPK tetapi hanya terpusat pada guru.
Terdapat langkah mengajar secara rinci semua sesuai dengan TPK serta berpusat pada guru dan murid.
4) Menentukan cara-cara memotivasi murid

Skala Nilai Penjelasan

1.
2.

3.

4.

5. Dalam satuan pelajaran :
Tidak tercantum cara memotivasi murid.
Tercantum cara-cara memoivasi murid, tetapi tidak relevan dengan TPK dan bahan.
Tercantum satu cara memotivasi yang relevan dengan TPK dan bahan.
Tercantum dua cara memotivasi yang relevan dengan TPK dan bahan.
Tercantum lebih dari dua cara memotivasi yang relevan dengan TPK dan bahan.

b. Merencanakan Pengorganisasian Bahan Perencanaan
1) Berpedoman pada bahan pengajaran yang tercantum dalam kurikulum

Skala Nilai Penjelasan

1.

2.

3.

4.
5. Dalam rencana pengajaran (satuan pelajaran) :
Tidak tercantum buku sumber bahan pengajaran tertera dalam kurikulum serta tidak ada penjabarannya.
Tercantum buku sumber bahan pengajaran tertera dalam kurikulum serta tanpa ada penjabarannya.
Tercantum buku sumber bahan pengajaran tertera dalam kurikulum serta ada penjabaran singkat.
Tercantum buku sumber bahan penjabaran yang jelas.
Tercantum buku sumber bahan pengajaran tertera dalam kurikulum dengan penjabaran format dan uraian yang jelas.

2) Memilih dengan tepat bahan pengajaran bidang studi sesuai dengan karakteristik murid

Skala Nilai Penjelasan

1.
2.
3.
4.
5. Bahan bidang pengajaran yang harus di ajarkan :
Tidak tercantum.
Di cantumkan, tetapi tidak sesuai dengan TPK.
Di cantumkan, tetapi sebagian besar tidak sesuai dengan TPK.
Di cantumkan dan sebagian besar tidak sesuai dengan TPK.
Di cantumkan dan seluruhnya sesuai dengan TPK.

3) Menyusun bahan pengajaran sesuai dengan taraf berpikir peserta didik

Skala Nilai Penjelasan

1.
2.
3.
4.

5. Bahan pengajaran :
Tidak jelas tingkat kesukarannya.
Hanya dapat di pakai untuk melatih ingatan.
Dapat di pakai untuk melatih ingatan dan pemahaman murid.
Dapat melatih ingatan, pemahaman serta di pakai untuk latihan penerapan.
Dapat di pakai untuk melatih ingatan, pemahaman dan penerapan dengan pebandingan sekitar 3:5:2

c. Merencanakan Pengelolaan Kelas
1) Mengatur tempat duduk sesuai dengan strategi yang di gunakan :

Skala Nilai Penjelasan

1.
2.

3.

4.

5. Dalam merencanakan pengajaran
Tidak tercantum cara mengatur tempat duduk.
Tercantum satu cara pengaturan yang tidak sesuai dengan strategi yang di gunakan.
Tercantum lebih dari satu cara, tetapi tidak sesuai dengan strategi yang di gunakan.
Tercantum satu cara pengaturan tempat duduk yang sesuai dengan strategi yang di gunakan.
Tercantum lebih dari satu cara pengaturan yang sesuai dengan strategi yang di gunakan.

2) Menentukan alokasi penggunaan waktu belajar-mengajar
Untuk memberikan penilaian terhadap butir ini perlu diperhatikan empat jenis rincian waktu, yaitu:
• Waktu untuk pembukaan,
• Waktu kegiatan inti,
• Waktu untuk kegiatan penutup, dan
• waktu untuk penjelasan tugas-tugas
Nilai diberikan dengan rincian sebagai berikut.

Skala nilai Penjelasan
1.
2.
3.
4.
5. Tidak ada rincian waktu sama sekali
Tercantum satu jenis rincian waktu
Tercntum dua jenis rincian waktu
Tercntum tiga jenis rincian waktu
Waktu untuk kegiatan tercantum lengkap dan terinci

3) menentukan cara mengorganisasi murid agar terlibat secara aktif dalam kegiatan belajar-mengajar

Skala nilai Penjelasan

1.
2.
3.

4.

5. Dalam rencana pembelajaran:
Tidak direncanakan kesempatan bagi siswa untuk bepartisipasi
Direncanakan sebagian kecil siswa terlibat aktif sedangkan sebagian besa menjadi pengamat
Direncanakan sebagian besar siswa terlibat aktif dalam satu kegiatan
Direncanakan semua siswa terlibat aktif dalam satu kegiatan
Direncanakan semua siswa terlibat dalam lebih dari satu kegiatan

d. Merencanakan Penggunaan Alat dan Media Pengajar
1) Menentukan pengembangan alat pengajar

Skala nilai Penjelasan

1.
2.
3.

4.

5. Dalam satuan pelajaran:
Tidak direncanakan penggunaan alat pengajaran
Direncanakan alat pengajara,ntetapi tidak sesuai dengan TPK
Direncanakan penggunaan lebih dari satu alat pengajara, tetapi tidak sesuai dengan TPK
Direncanakan penggunaan satu alat pengajaran yang sesuai dengan TPK
Direncanakan lebih dari satu alat pegajaran yang semuanya sesuai dengan TPK

2) Menentukan media pengajaran
Skala nilai Penjelasan

1.

2.

3.

4.

5. Dalam satuan pelajaran:
Tidak direncanakan penggunaan media pengajaran
Direncanakan penggunaan satu macam media pengajaran, tetapi tidak sesuai dengan TPK.
Direncanakan lebih dari satu macam media pengajaran, tetapi tidak sesuai dengan TPK.
Direncanakan penggunaan satu macam media pengajaran yang sesuai dengan TPK.
Direncanakan penggunaan lebih dari satu media pengajaran yang semuanya sesuai dengan TPK.

3) Menentukan sumber pengajaran

Skala nilai Penjelasan

1.
2.
3.

4.

5. Dalam satuan pelajaran:
Tidak direncanakan penggunaan sumber pengajaran.
Direncanakan penggunaan satu macam sumber pengajaran, tetapi sesuai TPK.
Direncanakan penggunaan lebih dari satu macam sumber pengajaran, tetapi tidak sesuai dengan TPK.
Direncanakan penggunaan satu macam sumberbpengajaran yang sesuai dengan TPK.
Direncanakan penggunaan lebih dari satu macam sumber pengajaran yang semuanya sesuai dengan TPK.

e. Merencanakan Penilaian Pretasi Siswa untuk Kepentingan Pengajaran
1) Menentukan bermacam-macam bentuk dan prosedur penilaian

Skala nilai Penjelasan

1.

2.

3.

4.
5. Dalam satuan pelajaran:
Tidak tercantum prosedur (tes awal, proses, dan akhir) dan jenis tes lisan, tertulis, perbuatan.
Tercantum satu prosedur dan satu jenis penilaian,tetapi tidak sesuai dengan TPK.
Tercantum satu prosedur dan satu penilaian yang sebaian sesuai dengan TPK.
Tercantum satu prosedur dan satu jenis penilaian yang sesuai dengan TPK.
Tercantum lebih dari satu prosedur dan lebih dari satu jenis penilaian yang semuanya sesuai dengan TPK.

2) Membuat alat penilaian hasil belajar

Skala nilai Penjelasan

1.
2.
3.
4.
5. Dalam satuan pelajra:
Tidak ada alat penilaian.
Ada alat penilaian, tetapi tidak sesuai dengan TPK.
Ada alat peniaian, tetapi sebagian tidak sesuai dengan TPK.
Ada alat penilaian yang semuanya sesuai dengan TPK.
Ada alat penilaian yang semuanya sesuai dengan TPKserta diungkapkan dengan bahasa yang jelas.

3. Format IPKM-2

A. MEMULAI PELAJARAN
1. Menyampaiakan bahan pengait/
Apresepsi 1 2 3 4 5
2. Memotivasi siswa untuk melibat-
kan diri dalam kegiatan belajar-
mengajar 1 2 3 4 5 Rata-rata:
B. MENGELOLA KEGIATAN BELAJAR-MENGAJAR
1. Menyampaikan bahan 1 2 3 4 5
2. Memberi contoh 1 2 3 4 5
3. Menggunakan alat/media
Pengajaran 1 2 3 4 5
4. Memberi kesempatan kepada
Murid untuk aktif 1 2 3 4 5
5. Memberi penguatan 1 2 3 4 5 Rata-rata:
C. MENGORGANISASI WAKTU SISWA, DAN FASILITAS BELAJAR
1. Mengatur penggunaan waktu 1 2 3 4 5
2. Mengorganisasi murid 1 2 3 4 5
3. Mengatur dan memanfaatkan
Fasilitas belajar 1 2 3 4 5 Rata-rata:
D. MELAKSANAKAN PENILAIAN PROSES DAN HASIL BEAJAR
1. Melaksanakan penilaian
Selama PBM berlangsung 1 2 3 4 5
2. Melaksanakan penilaian pada
Akhir pelaksanaan 1 2 3 4 5 Rata-rata:
E. MENGAKHIRI PELAJARAN
1. Menyimpulkan pelajaran 1 2 3 4 5
2. Memberikan tindak lanjut 1 2 3 4 5 Rata-rata:
Rata-rata keseluruhan:…………………
Hal-hal yang perlu diperhatikan
1. Butir-butir yang kuat:………………………………………………………………
2. Butir-butir yang lemah: ……………………………………………………….
3. Komentar dan saran: ………………………………………………………….
Penilai,

………………

Arti angka:
1) 5 = baik sekali
2) 4 = baik
3) 3 = cukup
4) 2 = kurang
5) 1 = kurang sekali
4. Penjelasan Skala Nilai IPKM-2:
Keterampilan Melaksanakan Prosedur Mengajar
a. Memulai Pelajaran
1) Menyampaiakan bahan pengait atau bahan apresiasi
2) Memotivasi siswa untuk melibatkan diri dlam kegiatan belajar-mengajar
Untuk butir ini perlu dilibatkan empat cara memotivasi berikut:
• Memberitahukan tujuan pelajaran
• Memberikan gambaran umum tentang inti bahan pelajaran
• Memberikan gambaran tentang kegiatan yang akan dialkukan
• Mengemukakan kegiatan-kegiatan yang menaik
b. Mengelola Kegiatan Inti
1) Menyampaikan bahan
Untuk butir ini perlu diperhtikan empat ciri berikut:
• Bahan yang disampaikan benar, tidak ada yang menyimpang
• Penyampaian lancer, tidak tersendat-sendat
• Penyampaian sistematis
• Bahasanya jelas dan benar mudah dimengerti oeh siswa
2) Memberi contoh
3) Menggunakan alat/media pengajaran
Untuk butir ini perlu diperhatikan ciri-ciri sebagai berikut:
• Cara penggunaannya tepat
• Membantu pemahaman murid
• Sesuai dengan tujuan
• Jeisnya bervariasi(lebih dari satu)
4) Memberi kesempatan kepada siswa untuk terlibat secara aktif
• Jenis keterlibatan siswa bervariasi
• Sesuai degan tujuan
• Dapat dikerjakan oleh siswa
• Sebagian besar alat semua siswa terlibat
5) Member i penguatan
Untuk menilai butir ini perlu diperhatikanempat cirri berikut:
• Jenis penguatan bervariasi
• Diberikan pada waktu yang tepat
• Sebagian besar atau semua perbuatan baik diberi peguatan
• Cara memberikannya wajar, tidak berlebihan
c. Mengorganisasi Waktu, Siswa, dan Fasilitas Belajar
1) Mengatur penggunaan waktu
Untuk butir ini perlu diperhatikan empat cirri berikut:
• Sebagian kecil waktu (10 menit) digunakan untuk pendahuluan
• Sebagian besar waktu digunakan untukkegiatan inti
• Sebagian keil waktu (5-10 menit) diguakan untuk mengakhiri pelajaran
• Pelajaran diakhiri tepat pada waktunya
2) Mengorganisasi murid
Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan cirri-ciri berikut:
• Pengorganisasian bervariasi
• Sesuai dengan jenis kegiatan
• Sesuai dengan ruangan
• Cara mengaturnya lancer
3) Mengatur dan memanfatakan fasilitas belajar
Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan cirri-ciri berikut:
• Fasilitas belajar sudah disiapkan sebelum pelajaran dimulai
• Cara pembagiannya adil
• Waktu penggunaan dan pembagiannya tepat
• Penempatan sesuai dengan ruangan yang tersedia
d. Melaksanakan Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1) Melaksanakan penilaian selama proses belahar-mengajar berlangsung
• Mengajukan pertanyaan atau tugas selama kegiatan berlngsung
• Pertanyaa atu tugas yang diberikan tepat untuk menguji penguasaan siswa terhadap topic yang sedang dibahas
• Jawaban atau tugas yang dikerjakan oleh siswa diberi balikan langsung, baik oleh guru maupun melalui tanggapan siswa
• Perbaikan didiskusiakn bersama
e. Mengkhiri Pelajaran
1) Menyipulkan pelajaran
2) Memberikan tindak lanjut
Untuk butir ini perlu diperhatikan cirri-ciri berikut:
• Tindak lanjut yang diberikan sesuaidengan topic yang dibahas atau dengan lanjutan
• Tindak lanjut yng diberikannya bersifat meningkatkan penguasaan siswa
• Diberikan dengan bahasa yang jelas dan benar
• Tindak lanjut merupakan kesepakatan guru dan siswa

5. Penjelasan Skala Nilai IPKM-3
Keterampilan Berkomunikasi Antarpribadi
Keterampilan ini dapat diamati ketika guru atau praktikan sedang berkomunikasi dengan siswa atau dengan orang lain, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Penjelasan peilaian bagi tiap butir tercantum di bawah ini.
a. Membanyu Mengembangkan Sikap Positif pada Diri Siswa
1) Membantu murid untuk menyadari kelebihan dan kelemahan diri sendiri
Untuk butir ini perlu diperhatikan cirri-ciri berikut:
• Praktikan atau guru menghimpun informasi tentang kemampuan siswa seperti data pribadi, rapor, dan hasil karya
• Praktikan atau guru mengajak siswa berbicara tentang kelemahan dan kekurangnannya
• Praktikan atau guru member kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan kelebihannya, misalnya dengan bercerita dan memberigiliran
• Praktikan atau guru mendorong siswa agar berani mengemukakan pendapatnya
2) Mendorong siswa menumbuhkan kepercayaan kepada diri sendiri
Untuk penilaian butir ini diperhatikan usaha-usaha sebagai berikut:
• Mendorong siswa mengemukakan pendapat yang berbeda dari orang lain dengan memberikan penguatan
• Memberikan kesempatan siswa untuk memperhatikan pendapatnya di muka kelas atau memimpin kelas
• Member pujian kepada siswa yang berhasil
• Member semangat kepada siswa yang belum berhasil
3) Membentuk mengungkapkan pikiran dan perasaan siswa
Usaha yang dapat dilakukan untuk melaksanakan hal ini adalah sebagai berikut:
• Mendorong siswa untuk menyampaikan isi hatinya
• Menyatakan kembali buah pikira siswa
• Menafsirkan isyarat siswa dalam bentuk tindakan (misalnya, jika melihat siswa yang gelisah, guru mengizinkan siswa itu keluar kelas)
• Mendiskusikan bersama buah pikiran atau perasaan siswa
b. Bersikap Terbuka dan Luwes Terhadap Siswa atau Orang Lain
1) Menujukkan sikap terbuka terhadap pendapat siswa atau orang lain
Ciri-ciri yang dapat diamati dalam menilai butir ini adalah sebagai berikut:
• Memperhatikan dan mendengarkan pendapat siswa atau orang lain
• Menerima pendapat yang sehat dari siswa atau orang lain
• Mengakui keterbatasan diri (misalnya bila praktikan atau guru tidak tahu, dia menyatakan akan mempelajarinya)
• Menunjukkan hasrat belajar dari orang lain
2) Menunjukan sikap luwes, baik di dalam maupun di luar kelas
Ciri-ciri yang dapat diamati untuk menilai butir ini adalah sebagai berikut :
• Menyesuaikan diri dengan lingkuangan belajar lingkungan belajar siswa.
• Mengahadapi siswa dengan cara yang sesuai dengan sifat siswa tersebut
• Ikut serta dalam berbagai cara yang sesuai dengan sifat siswa tersebut
• Ikut serta dalam berbagai kegiatan siswa.
• Menghindari perbuatan yang dapat mennyinggung perasaan atau mengecewakan orang lain.
3) Meneriama siswa sebagai mana adanya dengan kelebihan dan kekurangannya
Ciri-ciri dapat diamati untuk menilai butir ini adalah sebagai berikut:
• Tidak berprasangka buruk terhadap siswa
• Menghadapi adat-istiadat setipa siswa
• Memberikan perhatian khusu kepada siswa yang memiliki kekhusussan
• Memberikan kesempatan berkembang kepada siswa yang memiliki kelebihan.
4) Menunjukan sikap sensitif dan simpatik terhadap perasaan dan kesulitan siswa
Ciri ciri yang diamati untuk menilai butir ini adalah sebagai berikut:
• Peka terhadap maslah yang dihadapi oleh siswa
• Menunjukan pengertian terhadap masalah siswa
• Memberikan bantuan dan nasihat kepada siswa yang menghadapi kesukaran
• Mengunjungi siswa yang menderita kemalangan
5) Menunjukan sikap ramah,penuh pengertian dan kesabaran, baik kepada siswa maupun kepada orang lain
Ciri-ciri yang dapat diamati untuk butir ini adalah sebagai berikut:
• Menampilkan sikap bersahabat.
• Dapat mengendalikan diri
• Menggunakan kata-kata halus dalam menegur siswa
• Menghargai setiap perbedaan siswa.
c. Menunjukan kegairahan dan kesungguhan dalam mengajar
1) Menunjukan kegairahan dalam mengajar
Ciri-ciri yang dapat diamati untuk menilai butir ini adalah sebagai berikut:
• Suara penuh semangat
• Membantu siswa yang mendapat kesulitan
• Menikuti terus kegiatan siswa.
• Menekankan bagian-bagian penting pelajaran
2) Memberi kesan kepada siswa bahwa ia menguasai apa yang diajarkannya dan bagaimana cara mengajarkannya
Ciri-ciri yang diamati untuk menilai butir ini adalah sebagai berikut:
• Suaranya meyakinkan.
• Tindakanya tegas, tidak ragu-ragu.
• Menyediakan bahan yang siap untuk digunakan.
• Cepat menandai bila siswa melakukan penyimpangan.
d. Mengelola Penilaian Interaksi di Dalam Kelas
1) Mengembangkan hubungna antarpribadi yang sehat dan serasi
Ciri-ciri yang diamati untuk menilai butir ini adalah sebagai berikut:
• Berbicara dengan sopan kepada siswa
• Mendorong terjadinya tukar pendapat antar siswa
• Membuat aturan yang telah disepakati bersama
• Menunjukan sikap adil kepada semua siswa
2) Memberikan tuntutan agar interaksi antarsiswa dan antar siswa dan guru terpelihar baik.
Ciri-ciri yang diamati untuk menilai butir ini adalah sebagai berikut:
• Mempergunakan berbagai teknik untuk memelihara tingkah laku yang baik
• Memberi penguatan terhadap tingkah laku siswa yang baik.
• Membuat aturan yang disepakati bersama
• Menerapkan aturan tersebut secara adil
3) Menangani perilaku siswa yang tidak diinginkan
Ciri-ciri yang diamati untuk menilai butir ini adalah sebagai berikut:
• Yang ditangani hanya siswa yang menimbulkan ganguan yang seriaus.
• Mengambil tindakan tegas terhadap genguan yang serius.
• Mengambil tindakan yang sesuai dengan akibat yang timbul oleh anguan
• Tindakan nyasesuai dengan pribadi siswa
C. Pengertian Hasil Belajar
Yang dimaksud dengan tes hasil belajar atau achievment test ialah tes yang dipergunakan untuk menilai hasil-hasil pelajaran yang telah diberikan oleh guru kepada murid-muridnya atau oleh dosen kepada mahasiswa, dalam jangka waktu tertentu.
Evaluasi terhadap hasil belajar peserta didik ini mencakup :
a. Evaluasi mengenai tingkat penguasaan peserta didik terhadap tujuan-tujuan khusus yang ingin dicapai dalam unit-unit program pengajaran yang bersifat terbatas;
b. Evaluasi mengenai tingkat pencapaian peserta didik terhadap tujuan-tujuan umum pengerjaan.
0000000

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengunjung

Flag Counter

JAM

Januari 2015
S S R K J S M
« Jun   Okt »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d blogger menyukai ini: