//
you're reading...
Uncategorized

Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal

KRITERIA PENETAPAN KKM

• Kompleksitas (Kesulitan & Kerumitan)
• Daya dukung
• Intake siswa

Kompetensi dasar dan Indikator

1.1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara
Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa
Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara

Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan Nilai
KKM
Indikator
Kompleksitas Daya dukung Intake

MENAFSIRKAN KRITERIA MENJADI NILAI
A. Dengan memberikan point pada setiap kriteria yang ditetapkan :
1. Kompleksitas : – Tinggi = 1
– Sedang = 2
– Rendah = 3
2. Daya dukung : – Tinggi = 3
– Sedang = 2
– Rendah = 1
3. Intake : – Tinggi = 3
– Sedang = 2
– Rendah = 1
Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya Dukung tinggi dan intake siswa sedang à nilainya adalah:
(3 + 3 + 2) x 100 = 88.89

9

B.
. Dengan menggunakan rentang nilai pada setiap kriteria:
1. Kompleksitas : – Tinggi = 50-64
– Sedang = 65-80
– Rendah = 81-100
2. Daya dukung : – Tinggi = 81-100
– Sedang = 65-80
– Rendah = 50-64
3. Intake : – Tinggi = 81-100
– Sedang = 65-80
– Rendah = 50-64
Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas sedang, daya dukung tinggi dan intake sedang à nilainya adalah rata-rata setiap nilai dari kriteria yang kita tentukan.
Dalam menentukan rentang nilai dan menentukan nilai dari setiap kriteria perlu kesepakatan dalam forum MGMP di Sekolah

Dengan memberikan pertimbangan professional judgment pada setiap kriteria untuk menetapkan nilai :
1. Kompleksitas : – Tinggi
– Sedang
– Rendah
2. Daya dukung : – Tinggi
– Sedang
– Rendah
3. Intake : – Tinggi
– Sedang
– Rendah
Contoh :
Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya Dukung tinggi dan intake siswa sedang à maka dapat dikatakan hanya satu komponen yang mempengaruhi untuk mencapai ketuntasan maksimal 100 yaitu intake sedang. Jadi guru dapat mengurangi nilai menjadi antara 90 – 80.

TINGKAT KOMPLEKSITAS
(Kesulitan & Kerumitan) setiap IP/KD yang harus dicapai oleh siswa.
Tingkat Kompleksitas Tinggi, bila dalam pelaksanaannya menuntut :
• SDM
memahami Kompetensi yang harus dicapai Siswa
kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran.
• WAKTU
cukup lama karena perlu pengulangan
• PENALARAN dan KECERMATAN siswa yang tinggi.

KEMAMPUAN SUMBERDAYA PENDUKUNG:
yaitu ketersediaan tenaga, sarana dan prasarana pendidikan yang sangat dibutuhkan, BOP, manajemen sekolah, kepedulian stakeholders sekolah.

INTAKE (TINGKAT KEMAMPUAN RATA-RATA) SISWA :
KKM Kelas X didasarkan pada hasil seleksi PSB, NUN, Rapor kelas 3 SMP, test seleksi masuk atau psikotes (Kelas atau tingkat disesuaikan)
KKM Kelas XI dan XII didasarkan pada tingkat pencapaian KKM siswa pada semester atau kelas sebelumnya (Kelas atau tingkat disesuaikan)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengunjung

Flag Counter

JAM

Oktober 2013
S S R K J S M
« Jun   Nov »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

%d blogger menyukai ini: