//
you're reading...
Uncategorized

JIWA MANUSIA

Oleh : Imam Mustaqim, S.Pd.I., M.Pd.

Hakekat kejiwaan manusia terwujud dengan adanya kekuatan-kekuatan serta aktivitas-aktivitas kejiwaan dalam diri manusia, yang semua itu menghasilkan tingkah laku yang lebih sempurna daripada makhluk-makhluk lain. Berdasarkan observasi dan penyelidikan yang dilakukan oleh Plato (428-348 SM) mengungkapkan bahwa jiwa manusia terdiri atas 3 kekuatan yaitu: (1) akal sebagai kekuatan terpenting dari jiwa manusia, akal adalah bagian jiwa manusia yang merupakan kekuatan untuk menemukan kebenaran dan kesalahan. Dengan akal, manusia dapat mengarahkan seluruh aktivitas jasmani dan kejiwaannya, sehingga manusia mampu memperolah kehidupan yang lebih sejahtera. (2) spirit sebagai kekuatan penggerak kehiduan pribadi manusia. Spirit adalah kekuatan untuk menjalankan gagasan-gagasan yang telah diputuskan oleh akal melalui pemilihan alternatif gagasan. Dan (3) nafsu sebagai stimuli gerakan fisik dari kejiwaan dan merupakan kekuatan paling konkret dalam diri manusia. Nafsu ini terbentuk dari segenap keinginan dan selera yang sangat erat berhubungan dengan fungsi-fungsi jasmaniah. Plato membedakan antara keinginan-kainginan yang berguna dan konstruktif dengan keinginan-keinginan yang tidak berguna dan merugikan.

John locke (1632-1704) menekankan pembahasan tentang akal sebagai gudang dan pengembang ilmu pengetahuan, karena akal merupakan kekuatan vital untuk mengembangkan diri. Akal mempunyai kekuatan-kekuatan serta materil untuk melatih kekuatan-kekuatan itu, ada dua kekuatan akal manusia, yaitu:

  1. Kekuatan berpikir yang disebut pengertian, segala peristiwa yang terjadi dalam akal dapat dikenal dan dikehendaki oleh manusia. Pengertian terjadi dari proses aktivitas pengamatan yang mencakup kegiatan mengindera, mengenal, menalar, dan meyakini. Mengamati berarti menerima impresi-impresi dari dalam dan dari luar diri, dengan kata lain mengamati berarti memasukan ide-ide dan konsep-konsep kedalam kesadaran dengan menggunakan berbagai macam cara. Pengamatan hanyalah kapasitas awal dari intelek manusia, pengertian memerlukan keterlibatan dari enam kekuatan mental manusia yang meliputi mengamati, mengingat, mengimajinasi, kombinasi aktivitas psikis, abstraksi, dan pemakaian tanda.
  2. Kekuatan kehendak yang disebut kemauan, manusia sering mengimajinasikan sesuatu tindakan yang berhubungan dengan suatu pilihan diantara berbagai alternatif. Tindakan memilih ini disebut sebagai istilah “volition” dapat terjadi apabila kita menggerakan kekuatan kehendak atau kemauan.

Jadi kemauan adalah kekuatan untuk memilih, bukan keinginan. Keinginan adalah ide kreatif yang melibatkan sesuatu keadaan dimasa mendatang, sedangkan kemauan adalah kekuatan untuk memilih sesuatu keadaan atau tindakan di masa sekarang. Meskipun berbeda, keduanya memiliki hubungan erat.

Kekuatan kejiwaan manusia menurut Jean Jacques Rousseau (1712-1778) adalimayang terdiri darilimakekuatan jiwa manusia yaitu, :

  1. Penginderaan terjadi apabila objek-objek eksternal berinteraksi dengan organ-organ indera.
  2. Perasaan sangat erat hubungannya dengan penginderaan
  3. Keinginan sangat erat kaitannya dengan perasaan senang atau tidak senang, cocok atau tidak cocok, setuju atau tidak setuju.
  4. Kemauan sangat erat hubungannya dengan keinginan
  5. Akal sebagai kekuatan penemu ide umum maupun kebenaran sesuatu ide, memiliki dua kapasitas yaitu pertama, kapasitas penalaran indera yang disebut “common sense”, penalaran indera memberikan ide tertentu tentang benda tertentu di alam sekitar. Kedua, kapasitas penalaran intelektual, bila dengan akal sehat menyimpulkan ide tentang suatu benda, maka setiap benda yang sejenis dapat dimasukan kedalam ide umum itu.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengunjung

Flag Counter

JAM

Mei 2011
S S R K J S M
« Apr   Nov »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

%d blogger menyukai ini: