//
you're reading...
Uncategorized

Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran

oleh : Imam Mustaqim, S.Pd.I.,M.Pd

Media pembelajaran yang beraneka ragam jenisnya tentunya tidak akan digunakan seluruhnya secara serentak dalam kegiatan pembelajaran, namun hanya beberapa saja. Untuk itu perlu di lakukan pemilihan media tersebut. Untuk membuat pilihan tepat media pembelajaran, perlu untuk mempertimbangkan faktor-faktor / kriteria dan langkah-langkah pemilihan media. Kriteria untuk mempertimbangkan guru atau pendidik dalam pemilihan media pembelajaran, menurut Nana Sudjana (1990: 4-5) bahwa:

1) ketepatan media dengan tujuan pengajaran, 2) dukungan untuk isi materi pendidikan; 3) kemudahan memperoleh media; 4) keterrampilan guru dalam menggunakan; 5) waktu yang tersedia untuk menggunakannya, dan 6) sesuai dengan standar pemikiran anak-anak. Sesuai dengan kasus I Nyoman Sudana Degeng (1993; 26-27) menyatakan bahwa ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan guru / pendidik dalam pemilihan media pembelajaran, yaitu: 1) tujuan instruksional; 2) efektivitas; 3) siswa; 4) ketersediaan; 5) biaya akuisisi; 6) kualitas teknis. Next by Basuki Wibawa dan Farida Mukti (1992/1993: 67-68) kriteria yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media adalah: 1) tujuan, 2) karakteristik siswa; 3) alokasi waktu; 4) ketersediaan; 5 ) efektivitas; 6) kompatibilitas dan 7) gratis.Sehubungan dengan pemilihan media, Arsyad Azhar (1997: 76-77) menyatakan bahwa kriteria memilih media yang: 1) sesuai dengan tujuan yang akan dicapai, 2) bekerja untuk mendukung subyek; 3) praktis, fleksibel, dan tahan; 4) guru terampil menggunakan; 5) pengelompokan target dan 6) kualitas teknis. Berikutnya Brown, Lewis, dan Harcleroad (1983: 76-77) menyatakan bahwa dalam memilih media akan mahal kriteria berikut: 1) isi, 2) tujuan; 3) appropriatness; 4) biaya; 5) kualitas teknis; 6) Keadaan penggunaan; 7) verifikasi pelajar, dan 8) validasi.Dari beberapa sudut pandang di atas, dapat ditegaskan bahwa pada prinsipnya berpendapat bahwa sangat mirip dan saling melengkapi. Lebih lanjut menurut pendapat penulis perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media bahwa tujuan pembelajaran, efektivitas, siswa, ketersediaan, kualitas teknis, biaya, fleksibilitas, dan kemampuan untuk menggunakan dan alokasi waktu yang tersedia. Untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang ini akan diuraikan sebagai berikut:

1. Pembelajaran.Media tujuan harus dipilih yang dapat mendukung pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya, mungkin ada beberapa alternatif yang dianggap tepat untuk tujuan tersebut.Jika mungkin memilih yang paling sesuai. Pertandingan ditentukan oleh kesesuaian banyak fitur yang Anda akan mencapai tujuan dari fitur media yang akan digunakan.

2. Efektivitas. Dari sejumlah alternatif media yang dipilih, yang dianggap cara yang paling efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

3. Peserta didik. Ada beberapa pertanyaan yang bisa diajukan ketika kita memilih media berhubungan dengan pembelajaran siswa, seperti: apa yang media yang dipilih itu sesuai dengan karakteristik peserta didik, baik kemampuan / berfikirnya status, pengalaman, minat sedikitnya media pembelajaran untuk siswa? Digunakan untuk kelas dan siswa yang tingkat pendidikan? Apa untuk mempelajari perorangan, kelompok kecil atau kelompok besar / kelas? Berapa banyak peserta didiknya? Dimana lokasi? Dia belajar bagaimana gaya? Untuk acara tatap muka atau jarak jauh? Pertanyaan akan dipertimbangkan ketika memilih dan menggunakan media dalam kegiatan pembelajaran.

4. Ketersediaan. Apa yang dibutuhkan adalah media yang tersedia? Dikirim, media mudah tersedia? Untuk ketersediaan beberapa media alternatif yang dapat diambil adalah membuat sendiri, membuat dengan siswa, untuk meminjam sewa, membeli, dan dapat membantu.

5. Kualitas teknis.Apakah media kualitas yang baik dipilih? Apa yang memenuhi syarat sebagai media pendidikan? Bagaimana ketahanan media yang dipilih?

6. Biaya akuisisi. Jika biaya pengadaan media, biaya saat ini untuk itu? Apa yang dihasilkan seimbang dengan manfaat dan hasil dari penggunaannya? Apakah media lain yang mungkin lebih murah, tetapi memiliki efektivitas yang sama?

7. Fleksibilitas (fleksibel), dan menikmati media. Dalam memilih kebutuhan media untuk dipertimbangkan dalam hal fleksibilitas dapat digunakan dalam berbagai situasi dan pada saat penggunaan yang tidak berbahaya.

8. Kemampuan orang yang menggunakannya. Urgensi tinggi atau nilai dalam penggunaan media, tidak akan banyak membantu bagi mereka yang tidak dapat menggunakannya.

9. Alokasi waktu, waktu yang tersedia dalam proses pembelajaran akan mempengaruhi penggunaan media pembelajaran. Oleh karena itu ketika memilih media pembelajaran, kita dapat mengajukan beberapa pertanyaan seperti, apa waktu tidak cukup untuk pengadaan media, waktu yang tersedia cukup untuk berfungsi.

ooooo

About these ads

Diskusi

Belum ada komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengunjung

Flag Counter

Waktu Kini

Mei 2012
S S R K J S M
« Apr   Sep »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: